Berpuasa tentu menjadi kewajiban bagi setiap umat islam,sehingga kewajiban puasa juga wajib hukumnya untuk ibu yang sedang hamil,namun timbul pertanyaan seputar tentang ibu hamil apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh perempuan yang sedang hamil,yang perlu diperhatikan adalah boleh berpuasa asalkan tidak mengalami problem atau masalah pada kesehatan janin dan ibunya.

Jadi jika sebelum melakukan puasa hendaknya anda melakukan konsultasi pada dokter kepercayaan anda terlebih dahulu sehingga ketika mengerjakan puasa disaat bulan ramadan anda tidak mengalami hal yang tidak di inginkan.Karena kehamilan merupakan hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh semua ibu.

 Ibu Hamil

Apalagi itu adalah kehamilan yang pertama tentu itu akan sangat berarti.Sang ibu pun akan senantiasa akan berusaha sebaik mungkin agar bayi yang ada didalam kandungannya selalu dalam keadaan baik sampai nanti tiba saatnya melahirkan.Namun ada kabar baik untuk para ibu yang sedang hamil atau menyusui tetap bisa menjalankan puasa selama bulan ramadan.tips dan trik yang benar yang perlu dikerjakan.

Bagaimana caranya? Ini termasuk memperhitungkan makanan dan minuman yang baik disaat berpuasa khususnya yang kaya akan vitamin dan serat.Nah informasi ini dapat kita simak bersama-sama yuk lansung saja tanpa panjang lebar.Apa saja tips yang harus dilakukan ibu hamil pada saat puasa.

1. Mengkonsumsi buah kurma

buah kurma

Kurma merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin B1 yang dapat mengontrol gerak rahim sehingga aman bagi ibu yang sedang hamil berpuasa dan tetap bisa menjaga pertumbuhan sang buah hati.Sehinnga buah kurma menjadi menu tambahan dasaat untuk berbuka dan sahur.Karena buah kurna dapat memberikan asupan protein yang cukup untuk membantu tubuh memproduksi asam amino yang dibutuhkan bagi perkembangan tubuh.

Di dalam buah kurma juga terdapat asam folat yang bermanfaat untuk mencegah cacat lahir yang bisa menyerang otak dan tulang belakang.Selain itu ada magnesium berfungsi menjaga formasi tulang dan gigi pada bayi agar normal.

Magnesium juga mengatur kadar gula darah dan tingkat tekanan darah sehingga dalam persalinan pun menjadi baik dan lancar dan juga di dalam kurma mengandung kalsium dan tanin membantu kontraksi otot rahim sehingga persalinan menjadi lebih cepat.Jadi bagi ibu hamil dan menyusui disarankan untuk mengkonsumsi buah kurma dasaat sedang berpuasa.

                  
2. Memperbanyak Mengkonsumsi Air Putih 

Memperbanyak Mengkonsumsi Air Putih

Dehidrasi merupakan salah satu yang selalu dialami oleh orang yang berpuasa,termasuk para ibu yang sedang hamil dan menyusui,jadi sangat disarankan bagi seorang ibu hamil dan menyusui wajib untuk mengkonsumsi air putih sebanyak 8-10 gelas per hari.Jadi minumlah air putih secara bertahap yaitu 2 gelas disaat berbuka,2 gelas ketika makan yang berat,dan 2 gelas sebelum tidur,dan 2 gelas pada saat sahur.Adapun lebih dari itu lebih baik asalkan sesuai kebutuhan.

Air juga bisa menjadi penolong untuk mengeluarkan toksin dari tubuh serta membuang zat yang beresiko bagi kesehatan melalui keringat,tak hanya melalui keringat,manfaat air putih juga membantu memperlancar pembuangan toksin melalui urin.Sehingga hal ini menjadikan tubuh terhindar dari penyakit batu gijal.

3. Olah Raga Ringan Secara Rutin

Olah Raga

Selanjutnya olah raga bagi ibu yang sedang hamil dan menyusui dasaat berpuasa itu juga harus dilakukan secara rutin,sehingga memiliki banyak manfaat untuk kebugaran tubuh.Dengan olah raga juga dapat mencegah adanya stres dan mempermudah disaat proses persalinan dan untuk perkembangan janin agar tetap sehat.

Olah raga yang disarankan unuk ibu hamil adalah dipagi hari bisa berjalan kaki santai atau senam ringan,dan juga bisa dilakukan  3 kali dalam seminggu dan durasi waktu yang tepat adalah 20-30 menit untuk sekali olahraga.Namun sebaiknya ditanyakan terlebih dahulu kepada dokter atau bidan setempat agar mendapat pengarahan yang lebih baik lagi.

Itulah tips bagi ibu hamil dan menyusui dasaat berpuasa dibulan ramadan.Lengkapi pengetahuan anda secara seksama agar tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan itu terjadi.Ini adalah informasi secara singkat yang diharapkan dapat membantu anda yang sedang hamil dan menyusui.Semoga informasi ini memiliki banyak manfaat.