Ada 14 alat musik tradisional yang mana banyak orang belum mengetahuinya yaitu gamelan. Gamelan adalah alat musik tradisional yang berasal dari pulau jawa di Indonesia yang menonjolkan metalofon,gambang,gendang,dan gong,alat musik gamelan bukan hanya dipakai oleh orang jawa saja namun dimadura juga ada alat musik gamelan,bahkan dibali dan dilombok.

Gamelan pertama kali muncul dari budaya Hindu-Bhuda pada masa sejerah. Ada juga musik ensembel pertama kali ditemukan dicandi Borobudur magelang jawa tengah. Alat musik gamelan juga bisa dipadukan dengan seni luar negri yang beraneka ragam.

Contoh kecil drum band yaitu gerakan musik dari india,not nada yang dikaitkan dari Cina,bowed string dari timur tengah,musik instrumen  Asia tenggara,ada juga style militer yang berasal dari Eropa.masih banyak lagi yang lainnya.

Di bawah ini ada 14 alat musik gamelan yang bisa kita pelajari.Semua sumber informasi ini tentu terdapat dari wikipedia dan lengkap tentang penjelasan dan gambarnya.Buat para sobat yang ingin mengetahui tentang alat musik gamelan terus ikuti penjelasan dibawah ini.

Alat musik jawa ini memang sangat sederhana namun bisa menghasilkan suara yang begitu merdu dan tentu enak didengarnya.Khusus bagi para orang tua yang berasal dari jawa tentu lebih bisa menghayati dan meresapinya

Yuk kita simak alat musik jawa tradisional yang sangat populer diindonesia bahkan samapi kemanca negara,simak dengan sebaik-baiknya

1. Kendang
Kendang

Kendang tentu sangat berati didalam alat musik jawa ,karena memliki peran yang sangat penting bahkan kendang tidak akan pernah ditinggalkan,kendang juga ada saat pagelaran jaranan atau saat sindeh hendak bernyayi,cara menggunakan alat musik ini dengan kedua telapak tangan,alat musik ini juga ada yang berukuran besar dan kecil yang untuk mengiringi suara.

2. Bonang
Bonang

sepintas alat musik ini sangat mudah untuk dimainkan namun tidak bisa sembarangan cara memainkannya anda tentu harus paham betul bagaimana cara menggunakannya,bahkan tidak semua bisa dengan alat musik bonang ini,alat musik ini biasa dipakai bila ada pertunjukan wayang kulit

3. Bonag Penerus

Bonag Penerus

Alat musik ini juga mempunyai pungsi yang hampir sama,jika anda tidak tahu bagai mana cara memainkannya tentu akan merasa kesulitan,sehingga tidak heran jika alat musik ini banyak dimainkan oleh orang yang sudah tua yang tentu mereka sudah ahli didalam memainkannya,mungkin sedari kecil meraka sudah dilatih sehingga meraka lebih mampu memainkan alat musik ini.

4. DemungSaron
DemungSaron

Alat musik DemungSoran ini adalah alat musik pelengkap didalam kumpulan gamelan jawa.Cara memainkannya cukup dipukul yang berbentuk seperi palu,dan demungsoran ini juaga mempunyai suar yang merdu saat dimainkan secara bersamaan.

5. Peking

Peking

Sekilas namanya sangat aneh mungkin bagi orang yang bukan keturunan jawa,meski berukuran kecil namun peking ini mempunyai peran yang begitu penting didalam memainkan gamelan,jadi peking juga tidak boleh ditinggal disaat musik gamelan dimulai

6. Gong
Gong

Alat musik tradisional jawa yang tidak boleh ditinggalkan adalah Gong,jika bermain Band itu ada Drump dan Bass yang punya suar keras.Gong juga sangat berperan penting didalam alat musik jawa,suara yang dihasilkan juga besar,semakin besar gong maka suara yang dihasilkan juga besar begitu juga sebaliknya

7. Suling
Suling

Selanjutnya ada suling yang sering kita dengar dengan suara yang bagus,cara memainkan cukup ditiup tapi tidak sembarang ditiup juga jika tidak tahu kuncinya maka nada yang dihasilkan juga tidak akan baik ketika didngarkan,suling terbuat dari bambu pilihan,zaman sudah modern suling juga ada yang terbuat dari selain bambu

8. Kempul
Kempul

9. Siter
Siter

10. Rebab
Rebab


11. Gambang

Gambang

12. Gender

Gender

13. Slenthem

Slenthem

14. Kenong & kethuk

Kenong & kethuk

Itulah nama-nama alat musik tradisional jawa yang sering kita tahu namun banyak yang belum kita ketahui namanya,dan semua alat musik jawa juga mempunyai peran penting yang berbeda,namun jika dimainkan dengan yang sudah ahlinya maka alat musik tersebut akan menghasilan nada yang begitu merdu dan baik.  

Mengenal alat musik jawa tradisonal juga merupakan kepedulian kita tentang budaya yang ada di indonesia dan tentunya juga telah ikut membantu melestarikan alat musik tradisional yang ada diindonesia.

Untuk penjelasan yang lebih rinci dan mendetail anda juga bisa berkunjung kesitus Wikipedia,yang mana disitu akan sangat jelas dan lengkap mulai dari tahun berapa dan dari mana alat musik itu berasal.Selain itu juga akan dibahas lengkap dengan sejarah pada masa itu.
Semoga info ini bisa bermanfaat unduk anda yang membaca.