Kumpulan Puisi Untuk Perpisahan Sekolah SD, SLTP dan SMU.Pepatah mengatakan.Jika ada pertemuan akan akan ada perpisahan. Ungkapan terkenal yang satu ini memang tidak pernah lupa dalam kehidupan kita di dunia ini. 

Yaitu salah satunya adalah pada saat sedang  menimba ilmu atau pendidikan baik itu adalah Sekolah dasar (SD, SMP/SLTP,SMK/SMA/SMU) sehingga sampai di jejang berikutnya yaitu perkuliahan, tentu semua itu ada saatnya kita harus berpisah meninggalkan teman-teman kita. 

Apakah perasaan senang karena telah usai dalam menyelesaikan pendidikan atau bisa jadi harus di barengi perasaan sedih karena meninggalkan kenangan yang indah bersama teman-teman disekolah.

Image Source: generalsip.com

Untuk mengenang di masa-masa itu, biasanya sekolah mengadakan Acara Perpisahan antara gur dengan murid. Hal yang paling di tunggu-tunggu adalah disaat pembacaan puisi yang dibawakan oleh masing-masing kelas. Hal inilah yang  bisa sangat menyedihkan.

Puisi adalah sarana yang digunakan untuk mengungkapkan perasaan atau kata-kata kita dengan untaian kata yang indah. Sehingga pada intinya agar bisa menyentuh hati para pendengarnya. Pembuatan puisi juga tidak boleh dibuat dengan asal-asalan.

Apalagi puisi akan digunakan untuk acara yang sangat penting yaitu untuk perpisahan di sekolah. Isinya harus juga betul-betul bagus dan juga sangat cocok untuk mewakili perasaan para murid dengan dewan guru,wakil kepala sekolah sahabat, adek kelas,kakak kelas, staf sekolah termasuk bagian tata usaha, kepala sekolah, wakil kepala sekolah, sekretaris, panitia  dan lain sebagainya. 

Karena semua bagian dalam sekolah adalah bagian dari perpisahan tersebut.Puisi yang digunakan untuk perpisahan biasanya menggunakanyang  kata-kata sedih dan mengharukan. Bahkan ada juga puisi yang bisa membuat seseorang meneteskan air mata karena arti dan makna puisi tersebut yang begitu mendalam sehingga menyentuh hati.

Ada juga beberapa puisi yang dibuat oleh tokoh ternama juga terkadang digunakan untuk perpisahan disekolah-sekolah. Contoh puisi ternama yang digunakan untuk perpisahan sekolah adalah yang di buat oleh chairil anwar. Dimana di dalamnya menyimpan kata-kata yang sangat bagus dan indah. 

Pada umumnya, puisi itu disebut sebagai contoh puisi yang terbaik untuk digunakan pada acara perpisahan disekolah-sekolah.Jika Anda sekarang adalah tergabung dalam panitia perpisahan disekolah apakah itu kelas 6, 9, 12 atau bahkan anda hanya ingin menyumbangkan puisi saja,maka Jangan khawatir apabila tidak bisa menyumbangkan puisi yang bagus.

Nah pada kesempatan ini, di dalam artikel ini saya akan memberikan seputar informasi referensi puisi terbaik sepanjang masa yang mungkin sering digunakan disekolah atau bisa jadi belum pernah digunakan. Maka di jamin Anda yang sedang membaca bisa sangat tersentuh dan bahkan menangis. Anda juga bisa memilih mana yang lebih cocok untuk digunakan. Anda bisa perhatikan pada uraian berikut ini :

Wahai Guruku
wahai guruku

Terima Kasihku Untuk Guru Tercinta
guruku tercinta


Jasamu Adalah Jiwaku

jasamu adalah jiwaku

Salam Perpisahan

salam perpisahan

Selamat Tinggal Guru

selamat tinggal guru

Selamat Jalan Guru

selamat jalan
selamat tinggal

Itulah beberapa Puisi perpisahan dari banyak tema puisi terbaik, ini adalah sebagai recommended untuk Anda  sebagai bahan untuk menjadi pembacaan puisi atau hanya sebagai contoh untuk dikembangkan. Judul puisi di atas dapat disesuaikan dengan keadaan yang lebih cocok dan bisa disesuai dengan keadaan Anda dan lingkungan sekolah anda.Mungkin saja selain dalam bentuk puisi.

Anda juga bisa mencoba yang lainnya seperti pantun perpisahan. Atau bisa juga yang lain lagi dengan cara bernyanyi sebuah lagu perpisahan sekolah yang indah dan sedih. Semua ini juga tergantung dari kreativitas  Anda bagaimana Perlu dingat puisi untuk perpisahan di sekolah yang baik tidak harus tentang kesedihan saja. 

Anda bisa mengabungkan dengan unsur ceria, kata-kata yang lucu, atau humoris, kegembiraan dan kenangan indah dan menyenagkan selama bersekolah. Dengan seperti ini, puisi tersebut dapat dikatakan puisi ideal untuk acara yang istimewa . 

Semoga dengan adanya informasi ini bisa membantu dan bermanfaat untuk persiapan membuat acara perpisahan disekolah bersama para sahabat anada agar  menjadi lebih berkesan lagi agar suasana perpisahan menjadi berkesan.